October 6, 2024

Xzone

Digilife Techno Zone Indonesia

Telkomsel Semangati UMKM untuk Beralih ke Dunia Digital

Kamu pasti setuju bahwa UMKM memainkan peran penting dalam perekonomian Indonesia. Namun, banyak UMKM yang masih berjuang untuk beralih ke dunia digital. Itulah mengapa acara seperti DCE Summit 2024 sangat penting. Acara yang diadakan Telkomsel ini memberdayakan UMKM untuk meningkatkan kemampuan digital mereka. Dengan berbagi pengalaman dan wawasan dari para pakar, acara ini membantu UMKM melihat manfaat dari adopsi teknologi digital. Membaca artikel ini akan memberi wawasan tentang bagaimana Telkomsel mendukung transformasi digital UMKM di Indonesia.

Telkomsel Gelar DCE Summit 2024 untuk Dorong UMKM Go Digital

Sebagai puncak dari program Digital Creative Entrepreneurs (DCE) yang ketiga kalinya diselenggarakan sejak Desember 2023, DCE Summit 2024 menghadirkan sejumlah UMKM terbaik dari kalangan pelaku usaha dan pemilik brand lokal di seluruh Indonesia untuk berbagi pengalaman mengenai program percepatan UMKM dan pemanfaatan digital bersama alumni, pakar, dan mentor di bidang UMKM.

Mendorong Transformasi Digital UMKM

Acara tahunan ini merupakan komitmen nyata Telkomsel untuk terus mendorong potensi ekonomi digital Indonesia melalui peningkatan kapabilitas digital para pelaku UMKM. Dengan mengangkat tema ‘Accelerating SME Growth Thru Digital Skills’, DCE Summit 2024 menjadi ajang untuk berbagi ilmu, wawasan, dan strategi agar UMKM dapat memanfaatkan peluang bisnis di era digital secara maksimal.

Berbagi Best Practice & Insight

Selain menghadirkan pembicara-pembicara ternama, DCE Summit 2024 juga memfasilitasi sesi diskusi panel dan workshop untuk membahas best practice, kiat sukses, serta insight terkini terkait bagaimana UMKM dapat meningkatkan daya saing bisnisnya dengan memanfaatkan kekuatan teknologi digital.

Peserta juga berkesempatan untuk memperluas jaringan dan mencari peluang kemitraan baru dengan pelaku usaha lain dari berbagai daerah.

Apresiasi untuk UMKM Berprestasi

Tak ketinggalan, DCE Summit 2024 juga mengapresiasi para pelaku UMKM berprestasi yang berhasil mengembangkan bisnisnya melalui pemanfaatan teknologi digital. Penghargaan ini diharapkan dapat memotivasi UMKM lain untuk terus berinovasi dan bertransformasi agar bisa berkembang lebih pesat lagi.

Tema DCE Summit 2024 ‘Percepat Pertumbuhan UMKM Melalui Keterampilan Digital’

Tema DCE Summit 2024 kali ini berfokus pada ‘Percepat Pertumbuhan UMKM Melalui Keterampilan Digital’. Ini menjadi sorotan utama karena pertumbuhan UMKM di era digital sangat bergantung pada keterampilan digital para pelaku usahanya.

BACA JUGA  Menjelang Lelang Frekuensi "Emas" 700 MHz | Cocok Untuk 5G Atau 4G?

Mengapa Keterampilan Digital Penting?

Keterampilan digital menjadi kunci agar UMKM bisa memanfaatkan teknologi secara maksimal. Dengan menguasai keterampilan ini, UMKM bisa:

  • Membangun saluran pemasaran online yang efektif
  • Mengoptimalkan proses bisnis dengan teknologi
  • Menganalisis data untuk mengambil keputusan bisnis tepat
  • Berinovasi dengan memanfaatkan teknologi terkini

Tanpa keterampilan digital memadai, UMKM akan ketinggalan dan kalah bersaing.

Pelatihan Keterampilan Digital DCE

Program DCE menghadirkan pelatihan keterampilan digital untuk membekali para pelaku UMKM. Beberapa keterampilan yang dilatihkan antara lain:

  • Pemasaran digital & media sosial
  • Fotografi & pengeditan video/foto
  • Analisis data & optimisasi
  • Pengembangan aplikasi & coding dasar

Materi disampaikan langsung oleh praktisi digital ternama. Para peserta juga dibimbing untuk mengimplementasikan ilmu tersebut pada usahanya.

Kisah Sukses Alumni

Banyak alumni DCE yang berhasil mengembangkan usahanya setelah mengikuti program ini. Salah satunya Toko Oleh-oleh Khas Bali milik Wayan yang kini sukses memasarkan produknya secara online ke seluruh Indonesia.

“Dulu saya buta digital sama sekali. Setelah mengikuti DCE, penjualan saya meningkat drastis karena bisa memasarkan secara online dengan baik,” ungkap Wayan.

Kisah sukses para alumni ini membuktikan betapa pentingnya keterampilan digital bagi kemajuan UMKM di era serba digital seperti sekarang.

UMKM Indonesia Harus Tingkatkan Kapabilitas Digital

Sebagai pengusaha UMKM, Anda mungkin sudah terbiasa dengan cara bisnis tradisional. Namun, di era digital saat ini, meningkatkan kapabilitas digital sangat penting agar bisnis Anda dapat bertahan dan berkembang.

Manfaat Meningkatkan Kapabilitas Digital

Meningkatkan kapabilitas digital bisa memberi banyak manfaat untuk UMKM Anda, antara lain:

  • Memperluas jangkauan pemasaran dan menjangkau lebih banyak pelanggan potensial.
  • Meningkatkan efisiensi operasional dan mengurangi biaya.
  • Memberikan akses ke data & analitik untuk pengambilan keputusan yang lebih baik.
  • Membuka peluang baru seperti penjualan online & kemitraan digital.
BACA JUGA  Telkom Rayakan HUT ke-59, Ini Pesan CEO Ririek buat Karyawan

Cara Meningkatkan Kapabilitas Digital

Berikut adalah beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk meningkatkan kapabilitas digital UMKM:

  • Buat website/toko online untuk mempromosikan produk & melayani penjualan online.
  • Gunakan media sosial untuk memasarkan produk & berinteraksi dengan pelanggan.
  • Adopsi sistem manajemen & keuangan digital untuk meningkatkan efisiensi.
  • Ikuti pelatihan & program pengembangan untuk meningkatkan keterampilan digital.

Bantuan untuk UMKM Meningkatkan Kapabilitas Digital

Pemerintah dan perusahaan seperti Telkomsel sangat mendukung transformasi digital UMKM. Mereka menyediakan program pelatihan, pendampingan, serta akses ke teknologi & layanan digital dengan harga terjangkau. Manfaatkan kesempatan ini untuk membawa bisnis Anda memasuki era baru yang lebih menguntungkan.

Program DCE Telkomsel Tingkatkan Potensi Ekonomi Digital

Nah, sebagai pengusaha UMKM, kamu pasti sudah tak asing lagi dengan program Digital Creative Entrepreneurs (DCE) yang diselenggarakan oleh Telkomsel. Program ini merupakan komitmen Telkomsel untuk meningkatkan potensi ekonomi digital di Indonesia melalui peningkatan kapabilitas digital para pelaku UMKM.

Perjalanan DCE Memberdayakan UMKM

Sejak digelar perdana pada Desember 2023 lalu, program DCE telah melewati tiga gelombang yang sukses memberdayakan ribuan pelaku UMKM di seluruh Indonesia. Sebagai puncak dari program DCE gelombang ketiga, Telkomsel menggelar DCE Summit 2024 di Bandung (4/7) dengan mengusung tema ‘Accelerating SME Growth Thru Digital Skills’.

Dalam acara ini, para pelaku UMKM terbaik yang tergabung dalam program DCE berbagi pengalaman terkait bagaimana program percepatan dan pemanfaatan digital membuat bisnis mereka tumbuh pesat. Mereka pun berbagi tips dan trik bersama para alumni, pakar, dan mentor di bidang UMKM.

Kolaborasi untuk Tingkatkan Ekonomi Digital

Selain itu, DCE Summit 2024 juga menghadirkan berbagai sesi menarik seperti kuliah umum, talkshow, pameran, dan kompetisi bisnis digital. Semuanya dirancang untuk memperkuat ekosistem ekonomi digital Indonesia melalui kolaborasi para pelaku industri, pemerintah, akademisi hingga pelaku UMKM sendiri.

Acara ini menunjukkan tekad Telkomsel untuk terus mendorong transformasi digital bagi UMKM di Tanah Air. Dengan bekal peningkatan kapabilitas digital, para pelaku UMKM diharapkan dapat memperluas jangkauan bisnis, meningkatkan produktivitas dan daya saing, serta turut menggerakkan pertumbuhan ekonomi digital Indonesia.

BACA JUGA  Apakah Pemblokiran Akses Judi Online Ke Kamboja & Filipina Berhasil?

Pertanyaan Seputar DCE Summit Telkomsel dan Program DCE

Apa itu DCE Summit 2024?

DCE Summit 2024 adalah puncak dari program Telkomsel Digital Creative Entrepreneurs (DCE) tahun ketiga yang diselenggarakan sejak Desember 2023. Acara ini menghadirkan pelaku UMKM dan pemilik brand lokal dari seluruh Indonesia untuk berbagi pengalaman mengenai program akselerasi UMKM dan pemanfaatan digital bersama alumni, pakar, dan mentor di bidang UMKM.

Apa tujuan dari program DCE Telkomsel?

Program DCE bertujuan untuk meningkatkan potensi ekonomi digital Indonesia melalui peningkatan kapabilitas digital UMKM. Dengan memberikan pelatihan dan pendampingan, program ini membantu UMKM memanfaatkan teknologi digital untuk memperluas jangkauan bisnis mereka.

Siapa yang bisa mengikuti program ini?

Program DCE terbuka untuk pelaku UMKM dan pemilik brand lokal dari seluruh Indonesia. Baik itu usaha baru maupun yang sudah berjalan, program ini dapat membantu Anda mengembangkan bisnis dengan memanfaatkan peluang digital.

Apa saja manfaat mengikuti program DCE?

  • Mendapatkan pelatihan dan bimbingan digital marketing dari para ahli
  • Meningkatkan pengetahuan dan keterampilan digital untuk bisnis
  • Mendapatkan akses ke komunitas dan jaringan UMKM digital
  • Berpotensi memperluas jangkauan pasar secara online
  • Meningkatkan daya saing bisnis di era digital

Bagaimana cara mendaftar program DCE?

Informasi lengkap mengenai pendaftaran dan persyaratan mengikuti program DCE dapat ditemukan di situs web Telkomsel. Pastikan Anda mengikuti akun media sosial Telkomsel untuk mendapatkan pembaruan terbaru seputar program ini.

Conclusion

Jadi, kesimpulannya adalah Telkomsel benar-benar berkomitmen untuk meningkatkan potensi ekonomi digital Indonesia melalui peningkatan kapabilitas digital UMKM. Dengan acara seperti DCE Summit, Telkomsel memberikan dukungan nyata kepada UMKM untuk beralih ke dunia digital. Kita semua dapat berkontribusi dengan mendukung upaya ini dan membantu UMKM di sekitar kita memanfaatkan teknologi digital untuk mengembangkan bisnis mereka. Dengan bekerja sama, kita dapat mewujudkan ekonomi digital yang makmur di Indonesia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *